Tuesday, 28 May 2013

penjelasan seputar ubuntu server,alternate dan dekstop

ok sobat sekalian pertamanya gw pengen curhat dulu nih kenapa gw masukin postingan yang kayak gini,soalnya gini nih ceritanya:

jadi waktu itu malem2 gw lagi asik-asik begadang sambil nonton video ovj di youtube,karena wi-fi internet dirumah gw yg kenceng banget,jadinya gw pengen sambil download aja,eh iseng-iseng gw baca artikel yg ngomongin tentang ubuntu 12.4 LTS terbaru,pas gw liat gambarnya keren juga nih tampilan os nya,canggih gitu,gw kan orangnya suka kalo tampilan os kita tuh elegan dan canggih,akhirnya gw download juga tuh software,besarnya 700mb an,udah selesei download gw burning deh,terus laptop gw direstart dan muncullah kata install ubuntu,nah tapi semua musibah berawal dari sini.




ternyata pas gw install itu programnya aneh banget,bentuknya teks gitu,udah gitu yg paling sulit tuh pas kita bagi2 partisi hardisk kita,pertamanya sih gw pikir kayak nginstall win 7,tinggal format local disk c: terus di install,eh taunya yg ini ribet banget sumpah,bagi yg pemula jangan coba2 deh,harus sama yg berpengalaman,atau konsekuensinya kayak gw nanti.
akhirnya gw nyoba2 aja sendiri,gw sampe make 2 laptop buat nginstall ubuntu doang,satu nontonin tutorialnya di youtube,satu lagi prakteknya,waktu itu kan gw nggak tau kalau ubuntu yg gw pake ubuntu server,sedangkan ubuntu yg dirilis ada 3 jenis,yaitu ubuntu dekstop,server,dan alternate,yg dua terakhir itu berbasis teks program,lanjut cerita gw,gw nginstall ubuntu dari jam 9 sampe jam 3 pagi,gw nyoba2 misahin partisi sendiri tapi nggak bisa2,karena kesel dan bete,akhirnya gw nyoba pilihan pertama,kan kalo mau nginstall ubuntu ada pilihan yg kita nggak usah ngapa-ngapain,yaitu pilihan pertama,di paling atas,tulisannya gw lupa,pokoknya artinya dia bakal nginstalin otomatis nggak usah misahin ribet partisi lagi,TAPII harddisk lu di format ABISS.

pas lagi prosessing gw ngeliat tulisan gini:"format all hardisk running",sumpah gw langsung lemes,data gw 500 gb ilang dalam waktu kurang dari 2 menit,gila banget,foto2 keren gw waktu di asbos,tugas2 gw dulu,software hacking yg udah gw kumpulin 3 taon,film2 gw yg paling update,ILANGGG.

gila nggak.
akhirnya gw cuma bisa pasrah dan tetep lanjut mempelajari segala tentang ubuntu,eh taunya bukan cuma nginstallnya doang yg susah,kalo udah  selesai kita juga perlu menguasai terminal ubuntu,yaitu kayak cmd nya di windows lah,kalo mau nginstall apapun yg sifatnya offline harus lewat terminal,dan gw udah lumayan jago menguasai bahasa ubuntu,nggak beda  jauh sama bahasa cmd.

nih gw jelasin jenis2 ubuntu yg beredar di internet:


ubuntu adalah sebuah os gratis yg bisa didownload oleh siapa saja,akan tetapi model atau tipe downloadnya berbeda-beda,pasti ketika kita mau download bakal banyak pilihan misalnya seperti,download ubuntu dekstop i386,download ubuntu alternate i386,dan download ubuntu server.

bagi pemula yg belum ngerti cara install ubuntu sebaiknya dan seharusnya kalian menggunakan ubuntu dekstop,dan juga ketika mau download atau membeli CD ubuntu harus yg ubuntu dekstop.kenapa?.
karena ubuntu dekstop bukan berbentuk teks installation,maksudnya pas mau ngistall kita ada pilihan gambar yang lebih jelas,selain itu pertisi hardisk di ubuntu dekstop lebih gampang,nih contoh gambar ubuntu dekstop:
nah kalo yg kayak gini tinggal ikutin perintahnya aja,tinggal  next,terus install,kan udah ada gambarnya jadi lebih mudah dan lebih jelas,nah yg perlu kita perhatiin dan hati-hati adalah saat kita ingin mempartisi harddisk di ubuntu,kalo yg ubuntu dekstop kita tinggal bikin 1 partisi data minimal 1 gb buat ruang swap,nggak tau fungsinya apa,tapi ini sangat diperlukan,nah sisanya harddisk kita kita pisahin data yg ada didalamnya,dan data kita dirubah menjadi ext4,
kalo yg ini mah ubuntu text,bisa ubuntu sever atau ubuntu alternate,karena program mereka berbasis text,kalo mau ngistall pake yg 2 ini,mesti sama orang yg berpengalaman,kayak gw misalnya.
Ini mah installasi ubuntu server,awalnya memang seperti ini,kelihatannya gampang,padahal susah bngt bagi yg pertamakali nyoba ubuntu.







No comments: