Sunday, 19 January 2014

Apa itu Bitcoin

Bitcoin dalam bentuk Disk drive


Bitcoin adalah uang elektronik yang berlaku di jejaring dunia maya, pertama kali dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada 2009. Dia tak bisa diuangkan, tetapi bisa dipakai untuk membeli banyak barang dan kebutuhan hidup yang dijual melalui internet. 


Desain bitcoin memperbolehkan kepemilikan anonim dan pengalihan kekayaan. Bitcoin dapat disimpan di komputer dengan format file wallet atau dalam layanan wallet yang disediakan pihak ketiga.

Bitcoin diakui sebagai salah satu terobosan pertama dari teknologi yang kemudian disebut sebagaicryptocurrency. Dengan platform dan topologi yang dikembangkan, nilai bitcoin tak bisa dimanipulasi dan inflasi tak menyambanginya.

Saat ini semakin banyak usaha mau menerima bitcoin, dari toko sandwich sampai layanan Virgin Galactic milik Richard Branson. Per Jumat (29/11/2013), harga setiap bitcoin adalah 1.242 dollar AS, hampir setara dengan 1 ons emas yang kini harganya 1.250 dollar AS. 

Harga bitcoin "terbang" 100 kali lipat, seiring harapan bisa mengonversi mata uang digital ini menjadi mata uang global yang sah. Pada Januari 2013, harga satu bitcoin adalah 13 dollar AS


APAKAH BITCOIN ITU BAIK ATAU BURUK BAGI KITA?

Bitcoin saat ini sedang menjadi perhatian karena dengan segenap kelebihannya yang terdesentralisasi dan tanpa ikatan dalam sistem transaksi dan kepemilikan. Tetapi di sisi lain, hal ini justru menuai beragam sisi gelap mata uang digital itu.

Menurut artikel di Business Insider, Bitcoin menjadi sangat berguna bagi para pelaku kejahatan yang ingin menyembunyikan uang hasil kejahatannya. Karena jika mereka menyimpan uang di bank, uang hasil kejahatannya dapat dengan mudah terlacak. 

Bitcoin juga dapat disalahgunakan oleh orang-orang yang ingin menyembunyikan pendapatannya dari pemerintah, dan menghindari kewajiban membayar pajak. Lantas, pendapatan negara dari pajak itu akan hilang karena uang yang tidak terlacak.



Tidak hanya pada tindakan kriminal semata, kekurangan Bitcoin paling mendasar juga terjadi karena bentuknya yang tidak riil.

Meskipun bentuknya tidak riil, bukan berarti Bitcoin bebas dari pencurian. Salah satu contoh pencurian dialami oleh Sheep Marketplace, sebuah situs web ilegal jual beli obat terlarang, yang kehilangan 220 dollar AS dalam Bitcoin akibat ulah para peretas sistem komputer.
isi ulang Bitcoin
Contoh lainnya, seorang pria juga pernah kehilangan sekitar 90.000 dollar AS saat akan bertransaksi dan malah memilih tombol hapus.

selain itu pemerintah China memberlakukan larangan bagi semua transaksi dengan menggunakan Bitcoin,Uni eropa juga menganggap Bitcoin lebih mudah dicuri,juga pemerintah malaysia yang akan memberlakukan larangan terhadap penggunaan Bitcoin dan mengawasinya dengan ketat.

menurut saya walaupun Bitcoin hanya digunakan untuk transaksi online tetap saja berbahaya,karena untuk membeli barang dan jasa kita tidak punya nilai Rillnya,hanya angka-angka digital saja,dan itu bisa saja menyebabkan Bubble ekonomi(gelembung ekonomi) dan akan menjadi krisis yang meledak seperti subprime mortgage diamerika pada 2008,bagaimana akibatnya jika Bitcoin menjadi mata uang global?,kan nilai nominal mata uang suatu negara beda-beda.misalnya 1 dolar sama dengan 12.000,rp 2.500 sama dengan 1 riyal,lalu bagaimana caranya Bitcoin menjadi mata uang global?.

No comments: