Sunday, 19 January 2014

Daftar negara terkorup di dunia



menurut Tranparancy Internasional(TI),sebuah organisasi internasional yg bertujuan memerangi korupsi  menganggap bahwa negara paling korup adalah: Afghanistan,Korea utara,dan Somalia.

sementara itu,secara global 70% negara didunia memiliki masalah serius terhadap korupsi,tahun ini pun(2013) tidak ada negara yang mendapat nilai sempurna,negara yang paling bersih dari korupsi saat ini berdasarkan hasil survei adalah negara: selandia baru,denmark,australia,dan singapura.

sedangkan untuk tingkat korupsi di Indonesia jumlahnya semakin bertambah dalam rentang waktu 2009-2013,untuk tahun ini (2013) jumlah uang negara yang dicuri/dikorupsi dan belum dikembalikan sebesar Rp1,2 Triliun atau Rp 1.200 Miliyar.jumlah pejabat yg melakukan korupsi pun juga ikut bertambah,yg tadinya berjumlah sekitar 500 pada 2009 menjadi 1000 lebih yang tertangkap dan ketahuan pada 2013.



berita yg dirilis oleh MetroTV

https://www.youtube.com/watch?v=dEjoul9xP6o

6. Libya


Libya merupakan negara yang kaya minyak, namun kekuasaan yang lama (40 tahun) dari Muammar Gadaffi membuat index korupsi di negara karibia tersebut memiliki skor 15.

5. Sudan Selatan


Negara ini termasuk negara yang baru terbentuk sehingga masih membutuhkan waktu untuk stabil. Sudan Selatan baru tahun ini masuk dalam penilaian dan langsung masuk dalam top 5 negara terkorup dengan nilai 14

4. Sudan


Konflik regional menghancurkan negara muslim satu ini. Ketidakstabilan pemerintahan dengan banyaknya pemberontakan membuat index korupsi negara di Afrika Utara hanya 11.

3. Afghanistan


Negara yang baru saja diporak-porandakan Amerika tersebut saat ini banyak memiliki konflik yang melibatkan taliban. Pemerintahan bentukan Amerika ternyata memiliki index korupsi 8

2. Korea Utara


Korea Utara termasuk negara tertutup dari dunia luar. Pemerintahan diktator komunis membuat negara ini memiliki index korupsi 8

1. Somalia


Somalia terkenal dengan rakyatnya yang kelaparan. Negara ini juga terkenal dengan bajak lautnya yang menjadi musuh negara di dunia karena sering membajak kapal laut dan meminta tebusan besar. Ketidakmampuan pemerintahan mengatur negara berimbas pada korupsi yang merajalela. Index korupsi Somalia adalah 8 dan menduduki peringkat pertama negara terkorup di dunia.

angka korupsi selama tahun 2012 menjadi perhatian dunia.Indonesia bahkan tergabung dalam 60 besar negara terkorup didunia versi transparansi Internasional.seperti dilansir laman transparansi Internasional,Indonesia duduk di peringkat 118 dari daftar peringkat Indeks presepsi korupsi 174 Negara dunia,namun jika mengacu poin tiap negara,indonesia duduk di posisi 56 negara terkorup.

Indeks Presepsi Korupsi(IPK) di indonesia mencapai poin 32.indonesia berjarak 24 point dari somalia yang jadi negara terkorup.Indonesia terpaut 58 point dari Denmark yang dinilai sebagai negara paling bersih dari korupsi tahun 2012.

selama tahun 2012 ini.sejumlah kasus korupsi memang terus muncul ke permukaan.kasus hamabalang yang menyeret nama mantan menpora Andi Malaranggeng,kasus Wisma Atlet,kasus Bank Century,dan kasus korupsi pengadaan Al-qur'an,astaghfirulloh masa qur'an aja juga dikorupsi?,nggak takut neraka apa tuh menteri?.
beberapa kasus ini membuat Indonesia duduk diperingkat 118 daftar Indeks presepsi korupsi.peringkat indonesia ini menaik dibanding tahun 2011 dimana posisi pada saat itu ada diperingkat 100.

terus apa yang harus kita lakukan untuk membasmi budaya korupsi?,ini jawaban saya=
1.hukum mati para koruptor,suntik mati,digantung depan monas,atau digebukin rame-rame
2.kita lakukan sistem pemutihan seperti di china
3.dimiskinkan semiskin miskinnya
4.kita harus buat lembaga penyidik kasus korupsi,lembaga ini harus independen soalnya akhir-akhir ini lembaga kayak KPK ini justru malah disuap,malah memfitnah orang lain yg buktinya aja belum rill 100%,lembaga ini harus berisi orang-orang yg berani,jujur,dan tegas.

coba seandainya indonesia bisa meniru gaya pemerintah china dalam membasmi korupsinya,coba baca link berikut ini:
CARA NEGARA CHINA MEMBASMI KORUPSI
MENGAPA NEGARA CHINA BISA MAJU? kapan indonesia mau bebas koruptor?,koruptor itu menyengsarakan rakyat,mengapa?,karena mereka mengambil dana subsidi dan pembangunan yang digunakan untuk mensejahterakan rakyat,jadinya yg kaya makin kaya dan miskin makin melarat.






No comments: