Tuesday, 11 February 2014

Busway mogok.kok bisa?


baru-baru ini muncul berita baru mengenai makin buruknya kualitas dari bis busway Transjakarta,masih minimnya pelayanan,dan seringnya bis tersebut mogok bahkan ada yang terbakar.

perlu kita ketahui jika kita menggunakan busway biasanya ada merek dari pabrikan asal bus tersebut di produksi,dan pemkot DKI Jakarta menggunakan tender untuk membeli bis tersebut,dan sebagian besar bis transjakarta diproduksi dari perusahaan asal china,kita tahu sendiri kan produk china kayak gimana?.

1.Daewoo: buatan pabrikan asal korea selatan,pernah bangkrut pada 1998 dan berdiri kembali
2.Hino: pabrikan asal jepang yang terkenal denganb produksi Bus dan Trus Tronton
3.Zhong Tong: pabrikan asal china tepatnya kota Liaocheng Provinsi Shangdong
4.Hyundai automotif: pabrikan asal Korea selatan
5.Inobus: dibuat pabrikan BUMN yaitu PT.INKA(industri kereta api)


sebagian besar bus Transjakarta menggunakan BBG(bahan bakar gas),berarti dibutuhkan sistem listrik yang canggih dan aman untuk menggerakkan mesin bus,pembakaran gas harus sempurna dan tidak boleh ada kebocoran agar bus aman,mungkin kasus kebakaran bus TJ di daerah HI waktu itu karena ada kebocoran,nggak mungkin kebakar sendiri.

lalu kenapa Bus Transjakarta bermacam-macam?,karena pemkot DKI menggunakan sistem tender dalam pembeliannya,berarti semua perusahaan bebas untuk saling bersaing demi memenangkan tender itu,nah disini nih banyak muncul kasus suap dari perusahaan kepada oknum pejabat agar memenangkan tendernya.

PEMBELIAN BUS YANG RUSAK
misalnya berita hari ini menyebutkan pembelian bus baru TJ banyak yang rusak,padahal baru tiba dari china tapi mesin udah pada berkarat,kok bisa?.kata pemegang tendernya sih gara2 kena air laut,menurut saya sih itu alesan yang goblok,kalo karatannya di mesin berarti bisnya tenggelem di laut dong?,oh iya mungkin bisnya di apungin pake getek dari china,makanya karatan mesinnya kena ombak,haha.

tapi terjadi aksi saling melempar kesalahan,pemegang tender nyalahin pihak pengirim bis,yaitu kapal peti kemas,sedangkan pihak tender nggak mau disalahin,lho?.sedangkan Pemkot DKI sedang mengusut kasus ini karena menurut dugaan pak Ahok ada kasus suap di bagian dishub,karena seharusnya dishub menolak bis yang jelek dan bekas tersebut,karena mereka yang menjajaki pembeliannya.

www.tempo.co/read/news/2014/02/10/083552752/Ahok-Soal-Busway-Enggak-Kena-Laut-Kok-Karatan

www.tempo.co/read/news/2014/02/10/083552625/Busway-Baru-Jokowi-dari-Cina-Barang-Bekas


No comments: