Tuesday, 9 September 2014

Penjelasan dan bagan Ekonomi sumberdaya manusia(ESDM) untuk jurusan IESP


1.Perencanaan Sumber daya Manusia ( Human Resources Planning )
Perencanaan sumber daya manusia memfokuskan pada penyediaan angkatan kerja dengan pengetahuan dan ketrampilan tinggi serta penciptaan kesempatan kerja, kemudian membawa pada arah telaahan perencanaan sumber daya manusia yang meliputi analisis permintaan dan penawaran tenaga kerja yang akan terjadi pada masa yang akan datang.


 2. Ekonomi Ketenagakerjaan ( Labor Economics)
Ekonomi Ketenagakerjaan ( Labor Economics), memperhatikan masalah serikat pekerja, hukum ketenaga kerjaan, asuransi sosial dan manajemen personalia. Analisis dalam ekonomi ketenaga kerjaan sangat sedikit menggunakan teori ekonomi sehingga menimbulkan ketidak puasan beberapa pihak terhadap pendekatan ini. Salah satu golongan yang merasa tidak puas dengan cara analisis seperti di atas adalah ekonom-ekonom dari Universitas Chicago ( yang dipelopori oleh Gregg H. Lewis). Mereka menyebut bahwa ekonomi ketenaga kerjaan seperti di atas adalah ekonomi ketenagakerjaan kelembagaan ( institutional labor economics). Ekonom seharusnya mempunyai sumbangan tersendiri dalam analisis ketenagakerjaan,tepatnya ekonom harus menggunakan teori ekonomi untuk menganalisis ketenagakerjaan, hal tersebut tidak berarti meniadakan analisis yang lain. Analisis ketenagakerjaan dengan menggunakan teori ekonomi ini mereka sebut dengan akonomi ketenagakerjaan analitis ( analytical labor economics).
Pada mulanya terbatas hanya memakai teori ekonomi mikro, tetapi pada perkembangan berikutnya, berkembanglah teori new homes economics yang menganalisis investasi dalam modal manusia. Analisis dilakukan terhadap factor yang menyebabkan seseorang ingin bekerja dan bila ingin bekerja berapa banyak waktu yang dicurahkan dalam kerja..Kerja menyangkut analisis alokasi waktu di pasar kerja dan di rumah tanggga, maka analisis ini tidak dapat luput dari analisis berbagai kegiatan dalam rumah tangga seperti perkawinan, kelahiran. Ekonomi ketenagakerjaan analitis maupun ekonomi ketenagakerjaan kelembagaan banyak membahas permasalahan di negara maju, oleh sebab itu untuk menganalisis permasalahan di negara berkembang perlu penyesuaian.

3. Ekonomi Kependudukan ( Population Economics ) 
Cakupan pembahasan ekonomi kependudukan adalah masalah ekonomi pembangunan yang berkaitan dengan kependudukan seperti misalnya pemanfaatan tenaga kerja dalam pembangunan ekonomi dan dampak pertumbuhan penduduk pada pembangunan ekonomi. dalam ekonomi kependudukan juga sering diterapkan new homes economics yang membahas untung rugi memilki anak,untung rugi melakukan migrasi., interaksi antara jumlah dan mutu penduduk. 

silahkan download disini: 

No comments: